Aplikasi Portable
Aplikasi portabel atau portable application adalah sebuah perangkat lunak komputer yang dapat dibawa dalam peralatan portabel (contohnya: USB flash drive) dan dapat digunakan di setiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu. Ketika peratalan portable dihubungkan dengan komputer, aplikasi portabel tersebut dapat langsung digunakan.
Kelebihan aplikasi portable :
  1. Aplikasi portable dapat bekerja meskipun pemiliknya berpindah komputer
  2. Aplikasi portable tidak meninggalkan file dalam PC
  3. Aplikasi portable biasanya tidak meninggalkan jejak di registri
  4. Aplikasi portable tidak butuh peranti lunak tambahan pada PC
  5. Aplikasi portable tidak mempengaruhi aplikasi yang terinstal dalam PC
  6. Pada umumnya gratis. Beberapa situs penyedia: portableapps, portablefreeware
  7. Sistem keamanan data. Karena data disimpan di peralatan portabel, maka keamanan data tersebut juga diuntungkan karena tidak tersimpan di dalam komputer tertentu
Masih banyak lagi kelebihan dari aplikasi portable. Flash disk tidak hanya sekedar wadah penyimpanan data saja. Bahkan kita bisa menjadikan flashdisk menjadi nootbook. Dengan sebuah flashdisk, kita bisa memasukkan dan menginstall berbagai macam program untuk PC yang berbasis windows. Dengan cara ini, saat tiba – tiba anda membutuhkan program pengolah gambar untuk mengedit foto, kita tidak perlu mencari PC yang siap pakai. Kita cukup memasukkan flashdisk ke PC manapun dan jalankan program pengolah gambar dari flashdisk tanpa harus menginstallnya. Bahkan dalam sebuah flashdisk kita juga bisa menginstall sistem operasi windows (windows xp) dan juga Linux.
Cara Membuat Flashdisk yang berisi aplikasi portable. Pertama – tama kita akan menginstall dlu menu launchernya. Aplikasi bisa di dapat di situs www.portableapps.com, www.pendriveapps.com, dll. Pada contoh ini kita akan menginstall menu launcher dari codysafe.
  1. Double klik pada file installannya.

2. Lalu klik next.






3. Pada select installation drive merupakan drive dari flashdrive yg ada dikomputer kita, lalu klik next. Kemudian kita                   tunggu proses Installasinya.






4. Selanjutnya Run program codysafe tersebut. Dimana program ini berjalan di flashdrive kita.

Selanjutnya kita akan menginstall berberapa aplikasi portable kedalam flashdisk kita. Diantaranya program open office yang fungsinya sama dengan microsoft office.
  1. Double klik file Installan open office portable. Lalu akan mucul window dibawah ini .






2. Setelah itu klik next, kemudian akan muncul window seperti di atas.
3. Kemudian kita tunggu proses Installasinya.
Kemudian kita akan menginstall software gimp, dimana software ini fungsinya sama dengan photoshop.
  1. Double klik file Installan open office portable. Lalu akan mucul window dibawah ini .






2. Lalu klik next, kemudian akan muncul window seperti di atas. Lalu klik next lagi.
3. Lalu kita akan memilih destination Folder, dimana kita akan memilih dari drive flashdisk kita dan folder portable aplikasi.           Lalu klik next dan tunggu proses Installasinya.
Setelah beberapa aplikasi kita bisa mengedit tampilan launcher cari codysafe, dengan cara klik control panel kemudian akan muncul window berikut :
Dari control panel terdapat berbagai tool – tool untuk launcher portable aplikasi yang ada di flashdisk kita. Sebagai contoh bila kita ingin mengatur tampilan dari menunya adalah dengan mengklik application manager.
Lalu kita akan mengedit group dari aplikasi – aplikasi yang telah kita install. Caranya adalah dengan mengklik aplikasi yang ingin kita edit misalnya Mplayer Portable. Lalu kita buat grupnya sebagai Audio dan video. Anda bisa ketikkan nama grup sesuai dengan keinginan anda. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di gambar dibawah ini.
Selanjutnya apabila kita ingin menambah aplikasi baru namun file aplikasi tersebut bukanlah file installan melainkan file yang sudah jadi atau berextensi exe. Kita dapat menambahkan aplikasi tersebut kedalam flashdisk kita. Caranya kita browse lalu kita pilih file exe dari flashdisk kita yang sebelumnya telah kita copykan kedalam flashdisk. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
untuk lebih jelasnya, hasil dari pengeditan yang kita lakukan tadi dapat dilihat pada gambar dibawah ini.